Kesalahan Strategi Marketing
23 Sep 2013
1 Komentar
Banyak orang
yang mulai usaha sering mengeluhkan bagaimana strategi pemasaran yang
dijalankan tidak sesuai dengan OMZET yang didapat. Ini menimbulkan semangat
jadi turun karena target-target tidak sesuai yang direncanakan. Strategi
marketing begitu berperan vital dalam keberlangsungan sebuah usaha (usaha yang
dijalankan adalah usaha dalam bidang penjualan dan jasa bukan bidang perikanan,
ternak atau perkebuanan loh). Lebih lanjut saya akan membahas strategi
marketing yang dijalankan hanya sebatas senin kamis. Artinya pemasaran tidak
dijalankan kontinyu, hanya sesuai mood saja.
Salah satu
kendala dalam strategi Marketing adalah promosi yang tidak konsisten. Ini yang
saya katakan tadi kalau pemasaran dijalankan hanya senin kamis. Dari awal
sebenarnya sudah membuat target OMZET, tapi seringkali meleset dari target,
karena strategi yang dijalankan tidak konsisten. OMZET sangat tergantung pada
bagaimana cara pemasaran yang baik dan kontinyu.
Saat
menjalankan strategi marketing di twitter kadang aktif kadang tidak. Kadang
terlalu hard selling kadang juga gak sama sekali Ngetwit. Jika ingin maksimal,
strategi marketing yang sudah kita rencanakan harus dijalankan dengan
konsisten. Misal hal simpelnya, social media marketing. Kalo ingin maksimal,
maka harus rutin ngetwit yang bermanfaat untuk followernya. Nah disela-sela
ngetwit yang bermanfaat sisipkan kata-kata yang memancing orang untuk tergerak
melihat apa yang sedang anda tawarkan.
Salah satu
penyebab kenapa pebisnis pemula tidak konsisten saat menjalankan strategi
promosinya karena semua hal masih dikerjakan sendiri. Jika ingin konsisten
dalam menjalankan strategi pemasaran, maka diperlukan tim khusus atau orang
khusus yang handle marketingnya. Misalnya dalam menangani social media yang
mungkin tidak hanya satu akun maka diperlukan orang khusus sebagai admin social
media. Nah ketika pembagian kerja bisa dilakukan secara benar maka apa yang
dikerjakan jadi konsisten, walaupun akan menambah pengeluaran namun dalam
jangka waktu dekat target target bisa saja tercapai.
Pebisnis
pemula perlu secara bertahap meningkatkan OMZET & membangun MEREK. Dan ini
perlu promosi yang konsisten. Ketika strategi yang sudah kita rencanakan tidak
dijalankan dengan konsisten, hasilnya gak akan maksimal, jangan2-jangan malah
NOL. Target OMZET perlu diwujudkan dengan strategi promosi yang konsisten.
Rencanakan, eksekusi, monitor agar berjalan dengan baik. Strategi perlu
konsistensi dan jangan lupa, strategi pemasaran yang kita buat harus kita ukur
keberhasilannya.
Strategi
Marketing sangat disarankan untuk menjaga fokus, disiplin dan konsisten yang
memang tidak mudah untuk itu. Tapi klo dijalankan, hasilnya akan powerful dalam
usaha Anda. Jadi berpikirlah kembali tentang strategi marketing dalam usaha yang
akan anda bangun atau mungkin sudah dijalankan namun belum memenuhi target.
Semoga
Kesalahan strategi marketing sudah bisa ditutup dengan kontisten yang penuh.
Dan semoga usaha anda semakin mendunia.
#SalamSukses
Kesalahan dalam strategi pemasaran perlu dititik-beratkan jika ingin berjaya..
BalasHapus